Jumat, 07 September 2012

MENARIK, IKLAN SABUN MANDI


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian iklan adalah ‘’berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.’’
Iklan berfungsi untuk mempengaruhi pikiran para pendengar atau penonton mengenai produk yang ditawarkan oleh perusahaan pembuat iklan, agar bertindak sesuai dengan keinginan pemasang iklan. Oleh karenanya, iklan harus memiliki desain yang menarik, dengan satu ciri khas tertentu yang membedakannya dari produk sejenis milik perusahaan lain.
Dalam iklan terdapat beberapa elemen yang berpengaruh terhadap pembentukan pikiran, ide, dan gagasan masyarakat. Elemen pertama adalah heard words, yaitu kata-kata yang terdengar dalam iklan yang dapat membuat pendengar semakin mengerti akan maksud pesan iklan yang disampaikan. Kedia, elemen music. Elemen ini mencakup music yang terdapat dalam tayangan iklan, termasuk iringan music dan lagu yang ditampilkan. Ketiga, elemen seen words, merupakan kata-kata yang terlihat pada tayangan iklan sehingga dapat mempengaruhi banyak pemirsa. Elemen keempat adalah elemen picture, yaitu gambar atau tayangan iklan yang meliputi obyek yang digunakan, figure yang digunakan, serta adegan yang ditampilkan. Elemen kelima adalah elemen colour, merupakan komposisi atau keserasian warna gambar serta pengaturan cahaya yang terdapat dalam tampilan tayangan iklan. Terakhir, elemen movement. Elemen movement adalah gerakan pada tayangan iklan yang dapat mempengaruhi emosi seseorang untuk larut di dalamnya, meliputi fragmen cerita dari adegan yang ditampilkan.
Setiap perusahaan tentu berkepentingan agar produknya laku di pasar. Untuk itu, produsen perlu meyakinkan masyarakat bahwa produk milik perusahaannya merupakan suatu produk yang berkualitas, unggul, dan berdaya saing. Di era modern seperti ini serta didukung oleh kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, dunia periklanan telah berkembang pesat. Penawaran produk melalui berbagai media menjadi lebih mudah dan cepat. Salah satu produk yang banyak ditawarkan saat ini melalui iklan di media televisi adalah sabun mandi. Sabun mandi merupakan suatu produk kebutuhan primer masyarakat, sehingga permintaan terhadap sabun mandi cukup tinggi. Namun, perlu diingat bahwa tidak sedikit perusahaan yang memproduksi sabun mandi. Dalam kehidupan sehari-hari dapat ditemui sabun mandi dari berbagai merk. Oleh karenanya, dapat dilihat bahwa penawaran produk sabun mandi dari setiap perusahaan akan berbeda-beda. Setiap merk pasti memiliki karakter atau ciri khas tertentu yang membedakannya dari merk-merk lain.
Meskipun memiliki ciri khas masing-masing, pada dasarnya semua iklan sabun mandi menyampaikan satu pesan utama yang sama, yaitu pesan bahwa sabun mandi merupakan hal yang terpenting dan tidak bisa dilupakan ketika kita mandi. Memang benar, mandi harus menggunakan sabun, tetapi bukankah sebenarnya air lebih utama dalam membersihkan tubuh? Maka yang menarik adalah bagaimana iklan sabun mandi tersebut mengemas pesannya hingga masyarakat mengerti dan menangkap pesan bahwa sabun mandi pentingnya. Jika diperhatikan, banyak iklan sabun mandi yang diawali oleh cerita tentang satu/beberapa tokoh bintang iklan yang mengekspresikan ‘kegalauan’  karena aktivitasnya terhambat, merasa tidak percaya diri karena penampilannya, atau merasa kurang fit dan tidak bersemangat. Namun seketika mereka menjadi segar bugar, cantik, percaya diri, dan bersemangat setelah mandi menggunakan sabun mandi yang mereka iklankan. Tanpa disadari, hal ini membentuk suatu gagasan atau pemikiran bahwa sabun mandi merupakan sebuah solusi untuk kembali menyamankan diri dari keadaan yang kurang nyaman.
Iklan sabun mandi memiliki satu bagian lagi yang menarik, yaitu bagian iklan dimana ditampilkan gaya dari seseorang yang sedang mandi. Bagian ini sebenarnya sesuai dan kontekstual dengan jenis produk yang diiklankan, namun yang menjadikannya unik adalah wujud perasaan bahagia yang diekspresikan oleh bintang iklan ketika mandi. Hal ini terlihat lucu, karena mandi merupakan kebutuhan sehari-hari yang dalam kenyataannya tidak menimbulkan perasaan bahagia seperti yang ditayangkan dalam iklan.
Sebagai contoh, ambil saja tiga merk sabun mandi yang cukup populer saat ini, yaitu Lux, Biore, dan Dettol. Iklan sabun milik Lux menceritakan tentang seseorang yang menjadi pusat perhatian setelah mandi dengan sabun Lux. Setelah menggunakan sabun Lux, ia seketika tampak cantik dan anggun. Dengan diwarnai oleh gaya yang elegan, muncullah kesan bahwa sabun mandi Lux merupakan produk yang exclusif.
Berbeda dengan iklan sabun mandi milik Biore. Jika Lux menampilkan gaya yang elegan, maka Biore membawakan kehidupan sehari-hari sebagai tema iklan. Dalam iklan sabun mandi biore, ditampilkan bintang iklan yang percaya diri dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari karena kulitnya yang tampak cerah dan lembut.
Kemudian ada juga sabun mandi Dettol yang diidentikkan dengan sabun mandi pembunuh kuman. Iklan sabun mandi Dettol diawali oleh bintang iklan yang tengah berakrifitas olah-raga. Kemudian, setelah beberapa saat, mereka merasa lelah, tidak nyaman dan mengalami gatal-gatal. Kemudian setelah mandi dengan menggunakan sabun Dettol, kulit mereka seketika bersih bebas kuman, dan kembali bersemangat berolah-raga. Iklan sabun Dettol memiliki beberapa ciri khas yang tidak dimiliki oleh iklan sabun mandi lainnya. Yang pertama adalah adanya penggambaran kuman-kuman atau bakteri tubuh yang diperbesar. Lalu yang kedua adalah pembungkusan bintang iklan oleh sebuah cahaya kehijauan setelah mereka mandi dengan sabun Dettol, yang menandakan bahwa mereka telah bebas dari kuman.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hal utama yang menjadikan iklan sabun mandi menarik adalah cara yang digunakan untuk mengemas pesan, sehingga produk yang sederhana ini dapat terlihat hebat dalam peranannya sebagai perlengkapan mandi masyarakat. #bridgingcourse02

  
Referensi:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar