Kamis, 13 September 2012

Hubungan Baik Itu Penting


Kali ini saya akan sedikit bercerita mengenai sebuah wawancara dengan kakak angkatan, Mbak Fitria Ananta. Sebenarnya obrolan kami tadi tidak formal layaknya sebuah wawancara pada umumnya, melainkan lebih terlihat seperti ajang sharing antara kakak dan adik. Pada kesempatan berbagi dan bercerita tersebut, banyak hal menarik yang diungkapkan oleh Mbak Fitria Ananta tentang jurusan ilmu komunikasi yang menjadikan saya semakin tertarik dan suka pada jurusan ilmu komunikasi.
Kakak angkatan komunikasi yang akrab disapa dengan panggilan Mbak Thya ini adalah kakak angkatan 2011. Mbak Thya baru saja memasuki semester ketiga dari studi S1-nya di jurusan komunikasi. Karena ketertarikannya pada ilmu-ilmu terkait public relation, Mbak Thya memilih komunikasi strategis sebagai konsentrasi studinya.
Mbak Thya merupakan panitia dalam acara Great Camping yang akan datang, dimana ia menduduki posisi pada seksi hubungan masyarakat (humas). Menurut pengalaman Mbak Thya, acara Great Camping merupakan tradisi yang spesial dari jurusan komunikasi. Tradisi ini sudah ada secara turun-temurun. Pada acara ini akan diadakan berbagai acara yang menyenangkan dan fun. Pastinya, acara Great Camping ini akan membangun rasa keakraban dan kekeluargaan yang kuat di antara warga komunikasi. Great Camping dan berbagai tradisi keakraban lainnya yang terdapat dalam jurusan ilmu komunikasi menjadikan jurusan ini sangat istimewa.
Kemudian ada beberapa pesan yang disampaikan oleh Mbak Thya kepada kami, salah satu di antaranya  adalah mengenai pentingnya menjaga hubungan baik antara sesama warga komunikasi. Hubungan baik tersebut patut dibangun, dikuatkan, dijaga, dan dipelihara, baik itu hubungan personal antar teman satu angkatan, maupun hubungan antar angkatan. Berkaitan dengan hal ini, Mbak Thya mengingatkan untuk selalu bersikap sopan, agar hubungan baik antar warga komunikasi dapat terjaga. Perlu diingat bahwa sikap sopan bukanlah tuntutan kakak angkatan semata, namun pada kenyatannya sikap sopan dan menghargai memang merupakan bagian dari sebuah proses  menuju keakraban dan kekeluargaan.
Demikian hasil yang diperoleh dari obrolan dengan Mbak Fitria Ananta.
Thank you Mbak Thya untuk waktu dan kesempatan ngobrolnya tadi J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar